KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER

1. Komputer
    adalah alat atau mesin otomatik yang bisa menerima masukan, memproses masukan tersebut serta menyimpan masukan tersebut dan kemudian mengeluarkan satu keputusan.
Input adalah cara komputer mengendalikan masukan berupa data, teks, audio, video
Proses adalah tugas utama dari sebuah komputer, meliputi pengawalan semua operasi komputer, pengiraan, perbandingan logik .
Ada 2 Ingatan / memori pada komputer :
- RAM (Random Access Memory) dan RAM (Read Only Memory) 
Output adalah cara komputer memberitahu keputusan pemprosesan untuk tindakan selanjutnya. Contoh alat output : monitor, speaker, printer dll

Komponen Komputer :
1. Monitor
    2 macam monitor :
    a. CRT
CRT singkatan dari Tabung Sinar Katoda, menggambarkan teknologi analog dalam komputer monitor atau televisi. Mudah dikenali karna bentuknya yang besar








b. LCD
LCD (Liquid Crystal Display) mengacu pada dibalik monitor panel datar populer. biasanya mempunyai ketebalan 1-3 inci dan berat kurang dari 4,5 kkilogram





2. CPU (Central processing Unit)
    bagian dari sistem komputer yang melakukan instruksi dari program komputer
    Data dalam instruksi memberitahukan prosesor apa yang harus dilakukan.sehingga akan diproses dengan cepat.

Macam-macam Prosesor :
a. Advance Micro Device (AMD)
 pertama kali mulai mengembangkan seri prosesor AMD pada tahun 1982
    - Prosesor pertama K5, K6 prosesor Avalon
    - Athlon 64 (K8)
    - Dual Core athlon 64 X2
    - Phenom K10


b. Intel
- Debut Intel dimulai dari prosesor MCS4 yang merupakan cikal bakal i4040 (prosesor 4 bit)
- direvisi ke i440
- prosesor 8 bit pertama yaitu i8008 namun kurang disukai karna multivoltage barulah muncul prosesor i8080 dengan tripelvoltage
- muncul 8085 merupakan cikal bakal singlevoltage + 5V
- prosesor 16 bit, i8086
- prosesor i8088
- muncul 80186 dan i80188
- Pentium
- Pentium ODP

Nehalem adalah nama kode untuk intel prosesor mikroarsitektur penerus mikroarsitektur Core. prosesor pertama yang dirilis dengan arsitektur desktop Nehalem adalah Core i7 diikuti prosesor Xeon. Komputer pertama yang menggunakan nehalem berbasis Xeon adalah prosesor Apple Mac Pro workstation.

c. IBM
IBM meluncurkan prosesor tercepat didunia. Prosesor Dual-Core Power6 berjalan pada 4,7 Ghz memiliki 8Mb L2 cache dan 790.000.000 transistor dalam skala 65nm.






d. Cyrix
Cyrix Corporation adalah perusahaan pengembang mikroposesor yang berdiri tahun 1988 di Ricardson.
Produk :
- x87 kompatibel FPU Coprosesor
- Cyrix FasMath 83D87 dan 83S87 merupakan coprosesor 386 kompatibel tercepat
- merilis 486pin kompatibel dengan Intel Counterpart
- merilis Cx5X86
- prosesor 6x86 (M1)
- Media GX CPU

c. Keyboard
Benda tipis, lebar, ringan dan berharga relative murah, memiliki 80-110 tombol yang terdiri dari tombol huruf, angka, fungsi dan kontrol dan dilengkapi tombol Shift, Enter, Tab, Backspace dan tombol anak panah untuk emmindahkan kursor.



Susunan tombol keyboard :
- QWERTY
 paling banyak digunakan diciptakan Christoper Latham Sholes 1870an.




- DVORAK
menempatkan huruf hidup disebelah kiri dan huruf mati di sebelah kanan. Diciptakan August Devorak dan Wilian L Dealay th 1936



d. Mouse
Mouse Optic menggunakan light-emitting dioda dan dioda mendetksi gerakan relatif terhadap permukaan yang mendasari.









3. NIC (Network Interface Card)
    adalah perangkat keras yang menangani antarmuka jaringan ke komputer hingga perangkat yang memiliki jaringann bisa mengakses.

* Ethernet
   keluarga bingkai berbasis jaringan teknologi komputer untuk jaringan LAN, berkecepatan 10 mbps
* Fast Ethernet
   istilah kolektif untuk sejumlah ethernet standar yang membawa lalulintas ditingkat nominal 100 mbps
* Gigabit Ethernet (Gb E atau 1 GigE)
   menggambarkan berbagai teknologi untuk transmisi ethernet pada tingkat gigabit/s
* 10 GigaBit Ethernet (10 GE, 10 GbE, 10 GigE)
   versi ethernet dengan data rate nominal 10 Gbit/s, 10 kali cepat Gigabit Ethernet

Beberapa BIT





(Symbol)
Standard
SI
Name
(Symbol)
Value
kilobit (kbit)
103
210
kibibit (Kibit)
210
megabit (Mbit)
106
220
mebibit (Mibit)
220
gigabit (Gbit)
109
230
gibibit (Gibit)
230
terabit (Tbit)
1012
240
tebibit (Tibit)
240
petabit (Pbit)
1015
250
pebibit (Pibit)
250
exabit (Ebit)
1018
260
exbibit (Eibit)
260
zettabit (Zbit)
1021
270
zebibit (Zibit)
270
yottabit (Ybit)
1024
280
yobibit (Yibit)
280

3. HUB, SWITCH, ROUTER, BRIDGE
* HUB
suatu device yang secara konseptual beroperasi pada layer 1 (physical layer) maksudnya hub mengirim sinyal paket data ke seluruh port pada hub sehingga paket data tersebut diterima seluruh komputer yang berhubungan dengan hub

* SWITCH
device jaringan yang secara konseptual berada pada layer 2 (DataLink Layer) maksudnya switch saat pengiriman data mengikuti MAC address pada NIC sehingga switch mengetahui kepada siapa paket akan diterima.

* BRIDGE
adalah relay atau interconnecting device yang bisa digunakan untuk menyediakan beberapa kemampuan :
- memperluas jarak network
- mengurangi kemacetan trafic
- menyediakan koneksi ke network berbeda
- memindahkan data melalaui intemediate ethernet
- network dengan protokol berbeda

* ROUTER
relaying yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih network LAN ataupun WAN. Kelebihan router adalah kemampuan untuk menentukan path terpendek ke tujuan. Router melihat IP address buakn MAC address.

7 layer OSI
layer 1 : physical layer
             mendefenisikan hubungan antar perangkat dan media tansmisi
 Fungsi uatama dan layanan layer fisik :
- pendirian dan pemutusan dari koneksi ke komunikasi media
- partisipasi dalam proses dimana sumber daya komunikasi secara efektif dibagi diantara beberapa pengguna

layer 2 : datalink layer
             menyediakan sarana fungsional dan prosedural untuk mentransfer data antara jaringan dan untuk mendeteksi kemungkinan kesalahan pada layer fisik

layer 3 : network layer
menyediakan dan prosedural berarti fungsional dari panjang variabel mentransfer data sekuens dari sumber ke tujuan melalui satu atau lebih jaringan dengan tetap menjaga kualitas layanan yang diminta layer transport. Router beroperasi pada lapisan ini mngirim data melalui jaringan diperpanjang dan membuat internet.

layer 4 : transport layer
menyediakan transfer antara pengguna akhir, menyediakan layanan transfer data yang dapat dipercaya ke lapisan atas. Transfer layer mengendalikan keandalan link yang diberikan melalui flowcontrol dan kontrol kesalahan.

layer 5 : session alyer
             mengendalikan dialog koneksi antar komputer

layer 6 : layer persentasi
             menetapkan koneksi antara entitas layer aplikasi dimana lapisan entitas yang lebih tinggi dapat menggunakan sintaks dan semantik yang berbeda selama layanan presentasi memahami

layer 7 : layer aplikasi
             lapisan paling dekat dengan end user yang berarti bahwa baik aplikasi OSI layer dan pengguna berinteraksi langsung dengan aplikasi perangkat lunak. Lapisan ini berinteraksi dengan aplikasi perangkat lunak yang mengimplemantasikan komponen komunikasi program aplikasi tersebut berada diluar lingkup model OSI. Fungsi lapisan aplikasi termasuk mengidentifikasi mitra komunikasi, menentukan ketersediaan sumber daya.



0 komentar:

Posting Komentar